Alat alat untuk mengatur suara

Dalam postingan hari ini, saya akan menjelaskan tentang alat apa saja yang dapat di gunakan untuk mengolah suara.
Ada banyak alat elektronik yang sering di gunakan untuk mengolah suara agar suara atau music yang di dengar terasa enak di dengar. Dari sekian alat alat yang di gunakan bisa rakitan ataupun barang jadi atau yang bikin pabrik parik ternama(build up). Tapi kebanyakan orang yang di gunakan di rumah itu buatan sendiri, jika seorang mempunyai bisnis sound system, kebanyakan orang memakai barang barang yang pabrikan(build up), sudah di perkirakan harga dengan kualitas suara pasti berbeda, dan semua itu tergantung selera pendengar untuk memilik alat/perangkat yang di gunakan. Diantara alat alat pengolah suara yaitu:
1. mixer

Mixer adalah suatau alat untuk mengabungkan beberapa subersuara(vocal ataupun alat music) yang bunyi atau suaranya berbeda karakter. dan Mixer bisa untuk mengolah suara dengan adanya fasilitas tune(hi-mid-low), kalian bisa atur dengan mixer sesuka kalian karakter apa yang anda inginkan. Pada mixer terdapan suatu chenel yang digunakan untuk memisahkan dari berbagai sumber suara, misalnya, suara gitar, suara bass, drum, vokal. dari berbagai suber suara tersebut di masukan ke tiap tiap chenel yang terdapat pada mixer, dan di atur tiap tiap suara dengan kesukaan operator mixer. lalu di keluarkan dengan satu kesatuan.Kebanyakan mixer di gunakan untuk tempat ibadah, rumahan, hajatan, pertunjukan, dll.
2. Equalier
Equalier adalah alat untuk mengatur sebuah suara ataupun musik. Dalam equalizer terdapat potensio geser yang bisa di naik turunkan yang bertujuan untuk mengatur frekuensi, di setiap potensio geser tersebut tertulis frekuensi yang di atur dalam satu potensio geser, Dari sekian bayak potensio gesernya di sebut dengan chanel. dari beberapa jenis equalizer ada yang banyak chanel dan juga ada yang sedikit. perbedaan nya equalier dengan chanel, kita dapat mengatur lebih detail suara suara yang akan di tonjolkan. dan equalizer yang sedikit chanelnya maka pengaturanya di tonjolkan frekuensi yang banyak di pakai dalam keseharian dari hi-mid-low.
3. Crossover

Crossover adalah alat untuk memisahkan frekuensi dalam satu suara anata Hi-mid-low. crossover juga ada beberapa macam yaitu:
a. crossover aktif
Crossover aktif adalah alat untuk memisahkan suara dengan cara mengatur tiap tiap potensio yang disediakan pada crossover. fungsi crossover yaitu suara yang di keluarkan agar cocok dengan speaker yang di gunakan. karakter nya high di keluarkan kepada tweeter, midle di keluarkan ke speaker midle, dan low atau bass di keluarkan ke speaker bass. crossover ini di hubungkan ke beberapa power yang di keluarkan untuk speaker yang di kususkan frekuensinya.
 b. crossover pasif

fungsinya sama dengan crossover aktif, bedanya kalu crossover pasif biasanya di letakan pada dalam box speaker, dimana box speaker tersebut terdapat tweeter dan speaker midle dan speaker low. Pada crossover pasif ini terdapat komponen komponen atau lilitan tembaga yang di gunakan untuk menyaring jenis suara yang di inginkan, dan di keluarkan langsung ke speaker masing masing yang di di pisah menjadi 3 yaitu high midle dan low.

4. BBE(Bass Booster Expander)
BBE(Bass Booster Expander) adalah suatu alat untuk menambahkan bass, jika bass yang di keluarkan kurang atau belum terpenuhi. BBE ini juga banyak di gemari oleh pecinta audio yang dominan menykai karakter bass. jadi frekuensi yang di besarkan adalah low/ bass nya. biasanya di pasang telah crossover di hubungkan ke low crossover lalu BBE dibubungakn ke power untuk bass/low. jika di balik BBE di tauh di atas crossover maka frekuensi lain akan kuranng maksimal karna di tahan oleh BBE.
5.Efek

Efek ini biasanya di gunakan untuk fokal agar suara fokal lebih indah di telinga. Efek tersebut di hubukan ke mixer walaipun di mixer tersebut sudah terdapat Efek, suara yang di hasilkan lebih jelas dan bisa di atur seperti di dalam ruangan atau gedung pertunjukan walaupun di lapangan sekalipun. 

Dari semua alat alat atupun perangkat yang kami jelaskan kurang detai mohon di maklumi, dan masih banyak alat atau perangkat yang di gunakan untuk mengatur suara atau pun bunyi. jika ada pertanyaan mihin di tulis di komentar. sekian dalam kesempatan ini, selamat belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Power Amplifier

Perlunya sound Dalam Keseharian