Cara Membuat Power Amplifier

Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat sebuah power Ampli rakitan. Sebelum melangkah pembuatan power amplifier, pastikan kalian mengerti teori dasar elektronik, yaitu Positif (+), Negatif (-), dan ground(0). Logo dari positif (+), negatif(-), dan ground(0), banyak di pakai dalam rangkaian elektronik. Logo tesebut sangatlah penting karena, logo atau lambang dari sebuah arus listrik tersebut harus di hubungkan dengan jalur jalur jang sudah di tentukan. Jika ada salah satu dari pemasangan itu terbalik maka akan terjadi konsleting, dan resikonya tidak akan bunyi power ampli tersebut.
Bahan yang di perlukan untuk membuat Power Ampli:
1. Trafo


2. Dioda Penyearah/Kiprok
3. Kit/Driver Power

4. Transistor Final
5.Potensio
6. Saklar


7. Soket RCA
8. Soket AC
9.Kabel 

10. Kabel AC
11. fuse(sekreng)
12. Timah dan Solder

Langkah pemasangan
1. Memasang soket AC dengan fuse, caranya pada soket AC terdapat tiga skun, yang digunakan yaitu sebelah tepi kanan dan tepi kiri, dan yang tengah adalah ground, biasanya tidak di pakai, dari salah satu skun kanan dan kiri tersebut di hubungkan kepada fuse, dan yang satu langsung di hubungkan ke trafo yang berlambang (0) dan yang satu menuju saklar, dari saklar menuju trafo yang tertulis (220). Biar lebih jelas saya buatkan skema di bawah ini.

2. langkah ke dua memasang kiprok atau dioda penyearah, disini saya jelaskan dengan menggunakan trafo CT., knapa, kebanyakan semua jenis power amplifier menggunakan trafo ct, pada gambar trafo di bawah tertulis (12 CT 12) dan seterusnya disini saya menggunakan ct (32 CT 32), cara memasang nya yang tertulis 32 itu di hubungkan ke kiprok yang tertulis AC dan mundur kesamping, dan yang CT di hubungkan kepada diantar 2 elco yang di satukan antara positif dan negatif. agar lebih jelasnya. saya buatkan skema di bawah ini.::
3. langkah yang ke tiga memasang Transistor final. Transistor Final ada banyak( jenkol, sanken, thosiba, dll). Tetapi caranya sama saja, TR ada 3 kaki yang di sebut Basis Colektor Emitior. cara pasang nya kaki kai tersubut di pasangkan ke pada PCB yang sudah tertulis B, C, E( Basis, Colektor, Emitir), jangan lupa pada pemasangan tr final di tempelkan ke pendingin biar tidak kepanasan, dan diantara pendingin sama tr final di kasih isolator anti panas. Dan satu pasang TR ada positif dan negatif. ciri cinya yang positif ditandai dengan tuliasan SC, dan yang negatif berawalan SA agar tidak bingung saya buatkan skema untuk memasang TR final.
4. Memasang antara keseluruhan power yang sudah kita rangkai, dari trafo elco sampai ke power, dan penambahan potensio volume, dan jek RCA untuk input. pada intinya perakitan sebuah peralatan elektronik adalah tidak salah untuk memasang positif negatif dan  ground, dan tidak ada konsleting jg, skema di bawah adapemuatan amplifier full nya dari awal sampai akhir:
sekian untuk materi kali ini, jika ada yang mau di tanyakan, silakan di tulis di kolom komentar,.
saya juga sudah membuat tutorial cara buat amplifie, di link di bawah ini
https://www.youtube.com/watch?v=oSH-VDvoQwE&t=18s
dan jangan lupa di like dan subscribe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat alat untuk mengatur suara

Perlunya sound Dalam Keseharian